Minggu, 17 Oktober 2010

Pejabat Imigrasi Indonesia Tertangkap Basah Menerima Suap

SYDNEY, (PRLM).-Hasil investigasi saluran televisi Australia "ABC" mengungkapkan, sejumlah pejabat imigrasi Indonesia terlibat dalam kasus suap yang terkait dengan para pencari suaka warga Irak yang ditahan di Indonesia. Mereka menyuap para petugas imigrasi agar diizinkan untuk melangsungkan perjalanan ke Australia dengan menggunakan perahu.
Saluran televisi ABC seperti dikutip Radio Australia, Selasa (3/8), menggunakan kamera tersembunyi untuk membongkar praktek penyuapan dan korupsi di Indonesia. Para penyelundup manusia menarik bayaran ribuan dollar dari setiap pencari suaka untuk diberangkatkan dengan perahu ke Australia.
Sebagian penyelundup itu mengatakan sudah mendapat status pengungsi dari Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi PBB, UNHCR, dan mereka sedang menunggu untuk pindah ke Australia.
Hal ini, masih menurut laporan investigasi ABC, mengejutkan Menlu Marty Natalegawa. Sejumlah pejabat tinggi militer, polisi dan pihak berwenang imigrasi Indonesia juga direkam oleh kamera meminta suap untuk membebaskan pencari suaka yang ditahan, dan untuk mengatur keberangkatan perahu-perahu illegal ke Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar